Oil purifier merupakan peralatan bantu yang digunakan oleh bagian maintenance untuk menjaga kualitas oli hidrolik maupun lubrikasi agar terjaga dari kontaminasi air, kontaminasi gas dan kontaminasi partikel. Sebagai alat bantu, oil purifier juga memerlukan perawatan. Sehingga oil purifier selalu siap digunakan ketika terjadi permasalahan kontaminasi air dan partikel pada oli hidrolik dan lubrikasi. Fungsi oil purifier semakin kritikal pada saat terjadi permasalahan dengan oli. Untuk itu perawatan oil purifier sangatlah penting.

Banyak berbagai merek oil purifier yang ada di pasaran maupun yang sudah digunakan di berbagai industri. Tipe yang paling banyak digunakan adalah Vacuum destillasi dan Vacuum  dehidrasi. Kedua jenis purifier tersebut menggunakan teknologi vacuum pump, sehingga vacuum pump menjadi bagian yang sangat penting pada oil purifier tersebut.
Perawatan vacuum pump tersebut tidak terlalu sulit dan biasanya kita mengacu pada Operation & Maintenance Manual. Jenis vacuum pump yang digunakan adalah Oil  Lubricated Vacuum Pump, yaitu vacuum pump yang menggunakan oli lubrikasi. Pada vacuum pump jenis ini memeliliki beberapa consumable parts yang harus rutin kita ganti. Consumable part yang biasanya kita ganti adalah oli lubrikasi, yang volumenya tergantung dari kapasitas vacuum pump, dan separator atau pemisah antara uap oli dan gas. Dan part-part yang lain yang perlu diperiksa dan dibersihkan seperti inlet suction strainer, tangki oli lubrikasi dan level oli lubrikasi.
Hal - hal tersebut yang kadang tidak diperhatikan dalam perawatan oil purifier, sehingga menyebabkan kerusakan pada vacuum pump. Permasalahan yang sering terjadi pada Oil Lubricated vacuum Pump seperti;
a. Daya hisap vacuum pump melemah.
b. Oli vacuum pump sering dan cepat habis.
c. Vane tip atau blade macet.
d. Suara vacuum pump kasar.
Hal-hal tersebut timbul dikarenakan terlambat atau tidak melakukan penggantian consumable part secara rutin sesuai dengan rekomendasi.

Perawatan oil purifier adalah termasuk penggantian air breather, filter elemen untuk menangkap partikel, pengosongan oil mist, cleaning inlet strainer, periksa koneksi dari kebocoran dan perlu diperhatikan juga komponen listrik baik kebersihan elektrik motor agar kipas pendingin bekerja dengan baik, periksa sambungan kabel pada terminal kabel serta kebersihan panel listrik dan kebersihan dari oli purifier.

Perlu digarisbawahi bahwa perlunya perawatan oil purifier secara rutin dapat menjaga kehandalan dari oil purifier itu sendiri dan oil purifier siap kapanpun  dibutuhkan.



Penulis :eko wk
PT. Hamada Jaya Nusantara
Oil purifier dan filtration specialist
2016